Rabu, 16 Juni 2010

soal-soal administrasi pendidikan dan supervisi

Nama : Nur Isman al-Ghifari
NIM   : 108011000141

TUGAS MEMBUAT SOAL
ADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN SUPERVISI
KEL 7    :DASAR-DASAR & KONSEP SUPERVISI PENDIDIKAN
SOAL
1.      Apa pengertian supervise pendidikan?
2.      Sebutkan 4 fungsi supervise pendidikan?
3.      Apa peran supervisor pendidikan?
4.      Apa yang melatar belakangi pentingnya supervise pendidikan ?
5.      Sebutkan bentuk supervise pendidikan?
JAWABAN
1.      Usaha menstimulir, mengkoordinir & membimbing secara kontinyu pertumbuhan guru-guru sekolah baik secara individual maupun kolektif agar lebih mengerti lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran, sehingga lebih cakap berpartisipasi dalam masyarakat demokrasi modern.
2.      Fungsinya yaitu : penelitian,penilaian,perbaikan & pembinaan
3.      Perannya yaitu : koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, & evaluator
4.      Ada 2 hal :
a.       Perkembangan kurikulum merupakan gejala kemajuan pendidikan, yang dapat merubah struktur maupun fungsinya.
b.      Pengembangan personal, pegawai / karyawan senangtiasa merupakan upaya terus-menerus dalam suatu organisasi.
5.      Ada 2 bentuk/ kategori :
a.       Supervise yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru-guru, rutin dan terjadwal
b.      Supervise yang dilakukan oleh pengawas pendidikan kepada kepala sekolah dan guru-guru untuk meningkatkan kinerjanya.
KEL 8   : MODEL,PENDEKATAN & TEKNIK2 SUPERVISI PENDIDIKAN
SOAL
1.      Sebutkan model supervise pendidikan?
2.      Apa itu Model supervise klinis ?
3.      Sebutkan pendekatan supervise pendidikan ?
4.      Ada berapakah teknik supervise pendidikan ?
5.      Teknik apa saja yang harus dikuasai oleh supervisor pendidikan?
JAWABAN
1.      Ada 4, yaitu :
1.      Model supervise konfensional (tradisonal )
2.      Model supervise ilmiah
3.      Model supervise klinis
4.      Model supervise artistik
2.      Model supervise klinis adalah bentuk supervise yang difokuskan pada peningkatan mengajar dengan melalui siklus yang sistematis dalam perencanaan, pengamatan, serta analisa yang intensif dan cermat tentang penampilan mengajar yang nyata, bertujuan mengadakan perubahan dan meningkatkan kualitas mengajar guru.
3.      Ada 2 pendekatan, yaitu :
1.      Pendekatan langsung (direktif )
Yaitu supervisor aktif berperan penuh terhadap bimbingan guru-guru.
2.      Pendekatan tak langsung (non-direktif )
Yaitu supervisor yang lebih banyak mendengarkan keluhan-keluhan para guru dan memberikan solusi yang bijaksana lagi tepat guna.
4.      Ada 2 secara garis besarnya, yaitu :
1.      Teknik perorangan
a.       Mengadakan kunjungan kelas
b.      Mengadakan kunjungan observasi
2.      Teknik kelompok
Kegiatannya,
-lokakarya (workshop)
-diskusi panel
-seminar
-perjalanan sekolah tuk anggota staf
5.      Ada banyak, diantaranya:
1.      Mengadakan kunjungan sekolah
2.      Mengadakan kunjungan kelas
3.      Mengadakan percakapan pribadi
4.      Diskusi antar guru dan kepala sekolah
5.      Rapat kerja dan lokakarya
6.      Perpustakaan mencakup buku pegangan guru
7.      Survey / penelitian praktis dengan batas kemampuan
8.      Penataran umum dan khusus
KEL 9   : SUPERVISI PEMBELAJARAN
SOAL
1.      Sebutkan pengerian supervise pembelajaran?
2.      Siapakah pelaksana supervise pengajaran itu?
3.      Apa tujuan supervise pembelajaran itu?
4.      Sebutkan prinsip pokok yang dapat dijadikan pedoman dalam penyempurna aktivitas pembelajaran?
5.      Sebutkan program supervise pembelajaran?
JAWABAN
1.      Supervise pembelajaran adalah serangkaian kegiatan membantu guru untuk mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran.
2.      Pelaksana supervise pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah bertujuan memberikan pencerahan, pembinaan, pemberdayaan, inovasi kepada guru-guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien.
3.      Menurut sargiovanni, tujuan supervise pembelajaran, yaitu :
1.      Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pembelajaran
2.      Pengawasan kualitas ; supervisor dapat memonitor proses pembelajaran di sekolah.
3.      Pengembangan professional ; supervisor dapat membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam memahami pembelajaran, kehidupan dikelas serta mengembangkan ketrampilan mengajarnya.
4.      Memotivasi guru ; supervisor dapat mendorong guru menerapkan dan mengembangkan kemampuannya serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajarannya
4.      Diantaranya :
1.      Praktis
2.      Fungsional
3.      Relevansi
4.      Ilmiah
5.      Objektif
6.      Demokrasi
7.      Koopratif
8.      Konstruktif dan kreatif
5.      Supervise pembelajaran paling tidak ada 3 hal yang harus dilakukan :
1.      Menilai hasil pembelajaran
2.      Mempelajari situasi pembelajaran untuk menetapkan faktor2 yang mempengaruhi pertumbuhan dan prestasi siswa
3.      Memperbaiki situasi pembelajaran
KEL 10 : KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN
SOAL
1.      Mengapa kepala sekolah sebagai administrator dan supervisor pendidikan?
2.      Syarat-syarat apa saja yang perlu untuk menjadi kepala sekolah?
3.      Sebutkan kegiatan kepala sekolah sebagai administrator?
4.      Sebutkan kegiatan kepala sekolah sebagai supervisor?
5.      Sebutkan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pengajaran?
JAWABAN
1.      Kepala sekolah sebagai administrator karena ia sebagai pengurus, pentata usaha serta pemimpin di bidang pelaksana, pengatur, prosedur dan kebijakan sekolah. Sedangkan kepala sekolah dikatakan sebagai supervisor karena kepala sekolah sangat berperan aktif dalam membangun kualitas guru-guru mau pun staf-stafnya, untuk itulah perlu diadakan kunjungan dan pengawasan sebagai pengontrol semua kegiatan-kegiatan di sekolah sehingga terciptalah tujuan belajar yang diinginkan.
2.      Syarat-syaratnya :
1.      Memiliki ijasah yang sah dan sesuai
2.      Memiliki pengalaman kerja
3.      Memiliki keahlian dan berpengetahuan luas
4.      Memiliki sikap pemimpin dan bijaksana
3.      Kegiatan kepala sekolah sebagai administrator:
1.      Membuat perencanaan
a.       Program pengajaran
b.      Kesiswaan
c.       Kepegawaian
d.      Keuangan
e.       perlengkapan
2.      Menyusun organisasi sekolah
3.      Bertindak sebagai koordinator dan pengarah
4.      Melaksanakan pengelolaan kepegawaian
4.      Kegiatan kepala sekolah sebagai supervisor :
1.      Meneliti dan menentukan syarat-syarat apa saja untuk kemajuan sekolah
2.      Memahami keluhan-keluhan guru dan dapat merubah pengajaran yang efektif
3.      Mengamati kekurangan apa saja yang dibtuhkan di bidang sarana dan prasarana
5.      Fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pengajaran:
1.      Membangkitkan semangat untuk menjalankan tugasnya masing-masing
2.      Berusaha mengadakan dan melengkapi alat-alat perlengkapan sekolah
3.      Mengembangkan metode mengajar yang baik dan efektif
4.      Membangun kerja sama yang harmonis serta kekeluargaan antar guru-guru
5.      Berusaha meninggikan mutu dan pengetahuan guru-guru dengan diadakan diskusi para guru-guru.
KEL 11 : EVALUASI PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
SOAL
1.      Apa itu evaluasi pendidikan menurut para ahli ?
2.      Sebutkan tujuan evaluasi dalam pembelajaran?
3.      Sebutkan pula fungsi evaluasi pembelajaran?
4.      Jelaskan prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran?
5.      Kriteria2 apa saja yang perlu diperhatikan dalam penilaian kelas srta sebutkan manfaat penilaian kelas?
JAWABAN
1.      Evaluasi pendidikan menurut Darwin:
Suatu proses untuk menilai seberapa jauh suatu kebijakan membuahkan hasil yaitu dengan membandingkan hasil yang diperoleh dengan tujuan atau target yang telah ditentukan.
2.      Tujuan evaluasi, diantaranya:
1.      Mengetahui kemajuan belajar siswa
2.      Mengetahui efektifitas metode pembelajaran
3.      Mengetahui kedudukkan atau tingkat kepandaian diantara teman-temannya.
4.      Memperoleh masukan/umpan balik bagi guru dan siswa dalam rangka pebaikan.
3.      Fungsi evaluasi, yaitu :
1.      Fungsi prognostik
Tes awal tuk mengetahui kondisi objektif dari pembelajaran.
2.      Fungsi diagnostik
Evaluasi yang menganaliss kemampuan pembelajaran pada saat berlangsunnya proses pembelajaran.
3.      Fungsi sertifikasi
Sertifikasi berguna untuk menyatakan kedudukan atau pringkat hasil belajar seseorang dalam sebuah sekolah.
4.      Prinsip-prinsip evaluasi, yaitu :
1.      Objektifitas
Seorang guru berusaha menilai siswanya sesuai dengan hasil yang riil bukan dengan keingin sendiri guru tapi sesuai dengan alat ukur yang telah ditentukan.
2.      Kegunaan dan relevansi
Guru harus menetapkan alat evaluasi yang benar abasah atau valid, serta memberikan jumlah soal atau pertanyaan yang akan dijawab sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan.
3.      Menyeruruh
Guru tidak boleh berpihak dalam memberikan nilainya, pemerataan nilai yang sesuai dengan hasil evaluasi tersebut.
5.      Dalam pelaksanaan penilaian berbasis kelas harus memperhatikan kriteria2 berikut :
1.      Validasi
2.      Reliabilitas
3.      Mendidik
4.      Berorentasi pada kompetensi
5.      Objktif
6.      Terbuka
7.      Berkesinambungan
8.      Keseluruhan / komprehensif
9.      Bermakna
Manfaat penilaian kelas, yaitu :
1.      Bagi siswa
a.       Memberi umpan balik untuk siswa selalu lebih giat belajar kembali.
b.      Memantau kemajuan dan mendiagnosos kesulitan belajar yang dialami siswa.
c.       Remedial sebagai bantuan belajar kembali.
2.      Bagi guru
Guru dapat memanfaatkan hasil evaluasi tuk perbaikan program pengajaran.
3.      Bagi kepala sekolah
Hasil evaluasi siswa dapat digunakan sebagai menilai kinerja guru dan tingkat keberhasilan siswa.
4.      Bagi orang tua (stakeholders)
Memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektifitas pendidikan sehingga partisipasi orang tua dan komite sekolah dapat diinginkan.

1 komentar: